ETIKA PEKERJAAN SOSIAL

A.     Konsep dan Pengertian

Konsep pekerjaan sosial tidak lepas dengan permasalahan yang terjadi dalam masyarakat baik individu, kelompok, komunitas, dan masyarakat. Meskipun tumbuhnya diawali oleh pekerjaan sukarela, namun ternyata pekerjaan sosial menjadi profesi karena kemudian didasari oleh ilmu, nilai dan keterampilan.

Profesi pekerjaan sosial berasal dari berbagai sumber termasuk: adicita kemanusiaan (humanitarian, philanthropism, altruisme); adicita kehidupan bersama (kebebasan, persamaan, dan keadilan); adicita keimanan: (menolong orang yang mendapat kesusahan). (Holil Soelaiman, 2005)

Etika umum sebagai sumber moral dalam menentukan pola pemenuhan keperluan masyarakat. Etika yang dimaksud adalah etika sosial yang lebih mengkhususkan kepada kesusilaan dalam memenuhi keperluan hidup bersama atau kehidupan sosial antara sesama individu lainnya.

Etika sosial adalah suatu ilmu mengenai kesusilaan dalam pergaulan hidup masyarakat. Etika sosial memberi kerangka kepada anggota masyarakat tentang bagaimana pela tingkah laku hidup bersama dengan anggota lainnya.

Etika sosial ini sangat penting, karena dipengaruhi oleh :

  1. Pola hidup Masyarakat yang pluralistic termasuk juga aspek moral.
  2. Laman: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: